Kamis, 14 November 2013

Resep Masakan Kanji Khas Aceh

Resep Masakan Kanji Khas Aceh
Resep Masakan - Update Artikel Lagi Mengenai Resep Masakan Kanji Khas Aceh. Makanan "kanj! rumb!" merupakan suatu makanan menyerupa! nas! bubur dengan rasa yang un!k khas Aceh, !ndones!a. Kanj! rumb! !n! menyerupa! bubur ayam pada umumnya yang ser!ng d!jajakan para penjual bubur ayam, hanya saja makanan agak sed!k!t berbeda dalam bahan yang d!gunakan d!masak dengan berbahan sepert! penggunaan bumbu rempah dan juga menggunakan udang-udang kec!l serta beberapa potongan dag!ng sap!. Untuk bahan tambahan la!nnya berupa sayur-sayuran sepert! potongan wortel dan kentang yang d!masak ket!ka hendak merebus beras menjad! buburnya. Kanj! rumb! b!asanya ser!ng d!saj!kan d! Masj!d-masj!d pada saat bulan Ramadhan sebaga! menu untuk berbuka puasa


Bahan utama :
  1. 1/2 kg beras (cuci bersih).
  2. 300 gram udang kecil.
  3. 300 gram daging sapi (potong dadu kecil).
  4. 1 buah wortel (iris tipis).
  5. 2 buah kentang besar (potong dadu).
  6. 1 ltr air bersih.
Bumbu :
  1. 2 siung bawang putih (cacah halus).
  2. 3 sdm margarine (untuk menumis).
  3. 1/2 sdm merica bubuk.
  4. 1 sdt garam halus.
Bumbu-bumbu halus lalu bungkus menggunakan kain serbet :
  1. 5 butir cengkeh.
  2. 5 butir kapulaga.
  3. 1 batang kayu manis.
  4. 1 sdm ketumbar (cacah kasar).
  5. 1 sdt merica butiran.
  6. 1/2 sdt jinten manis.
  7. 1 butir pala (geprek dan memarkan).
Cara membuatnya :
  • Mula-mula siapkan panci ukuran sedang kemudian rebus udang, daging sapi dan 1/2 bagian bawang putih yang dicacah halus dengan menggunakan 1 liter air bersih tadi. Rebus daging sapi sampai benar-benar empuk dan matang lalu angkat dan tiriskan. Setelah matang kita sisihkan air kaldu sapinya dari potongan daging dan udang.
  • Selanjutnya, masak beras menggunakan air dari kaldu ayam dan udang tadi, lalu masukkan juga potongan wortel, kentang, serta bumbu-bumbu rempah yang dibungkus dengan menggunakan serbet tadi. Masak sampai beras tersebut menjadi bubur, lalu angkat. Jika air dirasa masih kurang, bisa ditambahkan air matang biasa sebagai tambahannya.
  • Setelah itu, siapkan wajandan hangatkan margarine. Tumis sisa dari bawang putih yang digunakan hingga wangi, lalu masukkan juga potongan daging sapi dan udang rebus sambil diaduk rata hingga harum.
  • Kemudian masukkan tumisan bawang dan daging tadi ke dalam bubur. Jangan lupa pula beri merica bubuk dan garam halus secukupnya sesuai selera.
  • Terakhir, sajikan bubur khas Aceh ini diatas piring saji selagi hangat. Bisa ditambahkan taburan bawang goreng serta kerupuk sbagai pelengkapnya.
Staf Resep Masakan mengucapkan selamat berbahagia kepada anda yang telah membaca artikel Resep Masakan Kanji Khas Aceh, Jika ada luang waktu baca juga Resep Sate Daging Ayam Spesial dan Cara Membuat Ayam Goreng Cabe Rawit Pedas

0 komentar:

Posting Komentar